Salam Sapi Ungu

Setelah 4P dalam marketing: product, pricing, promotion, place, dan P yang lain: positioning, publicity, packaging, pass along, permission, dan seterusnya……… Seth Godin di banyak tahun yang lalu mempopulerkan "P" yang menarik, "Purple Cow", atau sapi ungu.

Kalau anda menyetir mobil yang Australia di sepanjang dusun2, anda akan senang sekali melihat sapi yang abu2 itu pertama kalinya, tapi setelah melewati beribu ribu sapi yang sama, maka kita akan menjadi bosan, dan tidak lagi tertarik pada sapi sapi itu, semuanya jadi sama dan menjemukan. Tapi begitu kita melihat satu saja sapi yang ungu, kita akan mengingatnya selamanya.

Dalam kehidupan kitapun sama, apakah anda atau perusahaan anda atau produk anda sudah "remarkable"? Kata remarkable, berarti "dapat diberi komentar, remark-able", bila anda sama saja dengan seratus pesaing anda maka anda tidak lagi "remarkable". Tidak ada yang dapat di komentari dan tidak ada yang mau mengomentari.

Apa yang membuat anda "beda" dari yang lain? Menjadi sedikit lebih murah, sedikit lebih baik, sedikit lebih bersih saja tidak cukup dalam berbisnis, karena hukum bisnis adalah: Lebih baik sedikit lebih lain, daripada sedikit lebih baik.

Apa yang dapat diceritakan orang lain tentang anda? Sebuah "story" mempunyai kekuatan membuat orang mau membicarakan dan merekomendasikan anda. Apa "story" anda? Mendiskusikan tentang Joger, iPad, Facebook, Wikipedia sangatlah menarik, apa yang dapat didiskusikan oleh klien anda tentang anda?

Jangan menjadi produk yang membosankan. Bahkan "personality" andapun harus dapat dirasakan menjadi "produk" yang menarik untuk dapat menjadi "remarkable", menjadi layak buat pelanggan anda untuk membicarakan anda.

Satu angka yang dipakai untuk mengukur apakah bisnis atau produk anda akan menjadi dikenal dan disukai orang adalah "net promoter score", yang intinya adalah berapa banyak pelanggan anda yang mau, tanpa dibayar, dengan gigih bersedia mempromosikan produk anda kepada orang lain.

Keempat hal ini dapat dipakai sebagai sebuah "ukuran" sederhana untuk menentukan apakah "produk" anda, akan menjadi sebuah "Purple Cow".

Salam Sapi Ungu.

*Tanadi Santoso
build-access-manage at dayaciptamandiri.com

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)