Lima Level Kepemimpinan

Lima level kepemimpinan
1. Posisi / rights (hak)
Orang mengikuti Anda karena mereka harus melakukan hal tersebut. Catatan: Pengaruh Anda tidak akan melampaui batasan-batasan deskripsi pekerjaan Anda. Semakin lama Anda bertahan di sini, semakin tinggi perputaran karyawan dan semakin rendah semangat juang.

2. Izin / Relationship (hubungan)
Orang mengikuti Anda karena mereka ingin melakukan hal tersebut. 
Catatan: orang akan mengikuti Anda hingga melampaui wewenang yang ditetapkan kepada Anda. Level ini akan memungkinkan pekerjaan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Peringatan: bertahan terlalu lama di level ini tanpa peningkatan akan mengakibatkan orang-orang yang bermotivasi tinggi menjadi gelisah .

3. Produksi / Result (hasil)
Orang mengikuti Anda karena yang telah Anda lakukan untuk organisasi tersebut.
Catatan: ini adalah tempa kesuksesan dirasakan oleh sebagian besar orang. Mereka menyukai Anda dan apa yang tengah Anda lakukan. Berbagai permasalahan terselesaikan dengan upaya yang sangat sedikit berkat momentum tersebut.

4. Pengembangan diri / Reproduksi
Orang mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka. 
Catatan: ini adalah tempat pertumbuhan jangka panjang terjadi. Komitmen Anda untuk mengembangkan para pemimpin akan menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan bagi organisasi dan manusia yang di dalamnya. Lakukan apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mencapai dan bertahan di level ini.

5. Kedirian / Respect (rasa hormat)
Orang mengikuti Anda karena siapa Anda dan apa yang telah Anda representasikan.
Catatan: Langkah ini ditujukan bagi para pemimpin yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan orang lain dalam organisasi. Hanya sedikit yang berhasil. Mereka yang berhasil adalah orang-orang yang mengagumkan.

John C Maxwell


Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)