MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PENGAKSES MOBILE

Beberapa waktu terakhir, semakin banyak pengguna internet di Indonesia. Dari waktu ke waktu, semakin besar tingkat penetrasi internet ke dalam aktifitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Semakin besar persentasi pengakses internet melalui telepon seluler. Untuk itu penting bagi para pemasaran untuk memperhatikan efektifitas fitur pencarian pada media mobile. Hasil studi dari Mobile Marketer menunjukan bahwa 70 persen hasil pencarian mobile oleh konsumen akan berlanjut pada tindakan yang dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tingkat penjualan dan penerimaan melalui penggunaan search dari perangkat mobile:
  • Optimalisasi pencarian melalui kata kunci (keyword)
Keyword menjadi salah satu faktor utama yang dapat mengundang netizen menjangkau situs atau aplikasi perusahaan. Biasanya konsumen menggunakan perangkat mobile dalam pencarian karena mereka membutuhkan hasil yang cepat, pendek, dan cara mendapatkan produk atau informasi yang diinginkan. Untuk itu perlu disadari bahwa kata kunci pada bagian ini adalah kepraktisan. Keyword harus dibuat serelevant mungkin dengan situs perusahaan, dikategorikan menjadi berdasarkan beberapa kesamaan  topik, jenis, atau penawaran lainnya.
  • Promosi dan iklan
Perusahaan sebaiknya fokus pada produk bukan perusahaan, ingat konsumen menggunakan perangkat mobile agar dapat mendapatkan hasil yang cepat dan akurat bukan informasi yang terlalu panjang dan bertele-tele. Kemudian tonjolkan manfaat yang didapat, karena hasil pencarian produk serupa mungkin akan banyak sekali, perusahaan perlu mengeluarkan manfaat yang menjadi diferensiator produk
  • Kemudahan untuk melakukan tindak lanjut
Perusahaan perlu memikirkan agar konsumen dapat memperoleh informasi dengan mudah bila memerlukan tindak lanjut setelah melihat hasil pencarian. Seperti pembayaran, pemesanan, pengajuan pertanyaan, dan mendapatkan kontak pihak perusahaan.
  • Evaluasi secara berkala
Untuk dapat mengetahui keefektifan pemasaran secara mobile, perusahaan sebaiknya melakukan evaluasi berkenaan dengan kegiatan akses konsumen pada situs perusahaan. Hal yang perlu diperhatikan antara lain, jumlah kunjungan pada web, waktu dan tempat dimana konsumen mengakses, dan tindak lanjut yang dilakukan konsumen.
Artikel ini diadaptasi dari artikel Jamie Turner dalam Mashable

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)