Pahami Pergeseran Tren Digital Marketing

Senin, 08 April 2013 16:43

Menurut Bhavin Parikh seorang praktisi pemasaran digital dari India, siapa saja yang terjun dalam dunia marketing konten dan Search Engine Optimization (SEO) harus sadar bahwa kondisi telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir ini. Pergeseran itu berasal dari penulisan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari (bukan manusia/ pengguna Internet), pembelian tautan dari situs lain, dan penggunaan trik-trik curang yang disebut "black SEO".


Tetapi sekarang ini, trennya telah bergeser ke:

Penulisan konten berkualitas yang memiliki manfaat bagi manusia yang membaca tetapi masih membidik peringkat mesin pencari dengan cara yang lebih cerdas.

Pembangunan hubungan dengan perusahaan lain, situs lain, pihak lain yang memiliki visi dan misi yang kurang lebih sama, dan tautan pun akan datang.

Perluas pandangan dan pengetahuan Anda mengenai mesin pencari: YouTube, Google Play, App Store juga patut dipertimbangkan sebagai platform mesin pencari lainnya tempat orang mencari interaksi dan pendidikan. Jangan lupa buat dan unggah video ke YouTube dan semua aplikasi mobile tersebut.

Penggunaan semua konten yang membuat pengunjung lebih tertarik untuk berinteraksi untuk kemudian secara bertahap membangun sebuah komunitas dan sebagainya. Jejaring sosial menjadi kanal untuk menyebarkan pesan Anda lebih luas lagi. Inilah faktor word-of-mouth yang tak boleh diabaikan.

Jadilah yang terdepan dalam bidang yang Anda geluti sehingga orang lain akan menjadikan Anda panutan.

Di samping itu, Anda harus menggunakan solusi-solusi yang membidik kembali tujuan pemasaran Anda misalnya dengan menggunakan "ReTargeter" atau "AdRoll" untuk mengubah pengunjung, pembaca, pengikut, dan sebagainya menjadi pelanggan yang mau membeli produk Anda.


Hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemahaman terhadap perilaku pengunjung dengan menggunakan solusi-solusi analytics seperti Google Analytics, KISSmetrics, Mixpanel, dan sebagainya untuk menentukan cara meningkatkan kualitas konten, produk dan pesan marketing.


Terakhir, gunakan juga kampanye email dengan target sangat spesifik dengan bantuan perusahaan penyedia layanan seperti Intercom, MailChimp, dan sebagainya untuk memberikan tindak lanjut pada konsumen berdasarkan perilaku mereka dengan situs atau produk Anda.


Pencarian berbayar dan pemasangan iklan konvensional masih menjadi pilihan dan dianggap tak kalah efektif. Namun, semua itu akan terus berlanjut, bukan lagi tren terbaru. (*Akhlis)
build-access-manage at dayaciptamandiri.com

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)