Kiat Mempertahankan Diferensiasi

January 31 2013 | By Sigit Kurniawan
3
Sumber Ilustrasi: http://empax.org/wp-content/uploads/2010/01/Stand-Out-469x313.jpg

Tak jarang, membangun sesuatu itu lebih gampang dibanding mempertahankannya. Demikian juga dengan diferensiasi. Membangun diferensiasi yang solid seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya berjudul "Teknik Membangun Diferensiasi yang Solid" tidaklah cukup untuk keberhasilan sebuah merek. Tuntutan sustainaibility, membuat merek harus bisa mempertahankan diferensiasi tersebut. Apalagi lanskap pasar cepat berubah dan kompetitor pun tidak mau kalah bersaing.

Berikut adalah kiat-kiat mempertahankan diferensiasi merek maupun produk tersebut.

1. Anda harus fokus pada diferensiasi utama.
Kecenderungan bisnis adalah mengekspansi banyak hal yang bisa memperbesar pundi-pundi duitnya. Ekspansi dan pengembangan bisnis boleh-boleh saja. Promosi gencar juga sah-sah saja. Namun, hal yang patut diperhatikan adalah jangan sampai aktivitas tersebut menjauh dari diferensiasi utama (core differentiation) merek maupun produk tersebut. Diferensiasi harus senantiasa dijaga supaya merek maupun produk tetap memiliki keunggulan dibanding dengan merek maupun produk pesaing.

2. Konsisten.
Bisnis harus dijalankan secara konsisten dan selalu mengacu pada diferensiasi utama. Konsistensi di sini tak lain adalah konsisten dalam hal pesan yang disampaikan ke pasar. Selain itu, konsistensi ini harus ada dalam operasional perusahaan sehari-hari.

3. Perkuat diferensiasi secara kontinu
Diferensiasi itu harus dirawat agar makin hari makin kuat serta tetap unggul di pasar

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)