Monitoring Environment Ruang server di area remote

Salah satu tantangan untuk melakukan monitoring Environment ruang server yang letaknya jauh, terpencil, dan jarang didatangi. Seringkali ini tidak kita perhatikan, padahal yang sering terjadi, ruang server ini merupakan ruangan yang menampung koneksi / perangkat yang sangat penting, baik untuk koneksi ataupun lainnya.

Hal ini kami temukan dalam beberapa customer, dimana mereka memiliki ruang server yang letaknya di atas gedung, di area yang jarang sekali mereka datangi. Disinilah sangat pentingnya peranan Environment Monitoring System (EMS).

Selaku distributor AKCP, kami sering diminta pendapat mengenai hal ini. Oleh karena itu, saran kami diantaranya :

  1. Ruang server yang letaknya tidak mudah diakses / dijangkau, namun memiliki fungsi kritikal, maka ruang server seperti ini harus dilengkapi dengan EMS, baik dalam skala sederhana ataupun kompleks hingga sampai CCTV.
  2. Tidak harus menggunakan perangkat EMS yang kompleks, melainkan fokus kepada fungsi. Contoh, kami menemukan kasus dimana apabila perangkat yang didalamnya menjadi panas akibat AC mati, maka tentu yang harus dimonitor adalah suhu dan humidity di dalam ruangan / rak. 
Maka dapat menggunakan solusi menggunakan perangkat AKCP SensorProbe, mulai dari SensorProbe 2 yang memiliki 2 port sensor.


SensorProbe series mengirimkan alert hanya melalui media email, sehingga harus disediakan router yang memungkinkan untuk mengirimkan alert email. Untuk koneksi ini, saya mengetes dengan menggunakan Hame Router dan Modem ZTE , sehingga koneksi 24 jam bisa didapat dengan cepat. Dengan berkembangnya dan semakin banyaknya router ukuran kecil, maka sangat mudah menyediakan koneksi ke Internet secara 24 jam.

Untuk SecurityProbe, maka disediakan langsung modul Modem 3G yang dipasang di dalam unit.


Internal 3G Modem
With this modem, your securityProbe unit can connect to the Internet using your local GSM, GPRS, EDGE or 3G service
This AKCP Internal 3G Modem is ideal for remote locations, where a securityProbe is being used to monitor and control critical environmental factors.


Silahkan kontak kami apabila ada kebutuhan terkait monitoring environment di remote area. Kami siap membantu.