TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK INDONESIA CERDAS

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK INDONESIA CERDAS

1. Diperlukan inovasi dan pembangunan pada berbagai sektor untuk membangun kota dan Indonesia Cerdas, di antaranya:
  1. Inovasi TIK merupakan hal yang mutlak untuk membangun efisiensi dan efektifitas kegiatan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, kependudukan, pertahanan keamanan, ekonomi, lingkungan dan berbagai bidang lainnya. 
  2. Penguatan Infrastruktur TIK dan non TIK harus terus ditingkatkan oleh pemerintah dan industri
  3. Dibutuhkan tatakelola dan manajemen pada skala nasional dan skala lokal.
  4. Pembangunan manusia cerdas diperlukan sebagai dasar untuk pembangunan kota dan Indonesia yang cerdas.

2. Dalam mewujudkan tatakelola yang baik pada skala nasional dan skala lokal dapat dilakukan melalui beberapa cara di antaranya:
  1. Pimpinan daerah dan pimpinan pemerintahan pusat harus mempunyai komitmen untuk bersama-sama membangun daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia cerdas
  2. Dibutuhkan standarisasi dan road map untuk memastikan bahwa kota dan kabupaten (daerah) di Indonesia memiliki arahan yang tepat dan tujuan yang jelas dalam melaksanakan pembangunan secara cerdas di daerah masing-masing.
  3. Pengembangan dan pelaksanaan kota cerdas harus dapat diukur dengan membuat indikator dan tolok ukur yang jelas, dan berlaku pada skala nasional.
  4. Harus adanya kolaborasi yang baik dan berkesinambungan antara pemerintah, Industri, akademisi, dan komunitas.

3. Di dalam melakukan kolaborasi, semua pihak harus memahami peranannya masing - masing. Pemerintah sebagai enabler dan pendukung terbentuknya kebijakan dan regulasi yang mendukung pelaksanaan inovasi, civitas akademika berperan sebagai lembaga riset dan penelitian, industri dan komunitas berperan sebagai pendamping pemerintah di dalam pelaksanaan inovasi.

4. Dibutuhkan edukasi kepada berbagai stakeholder pembangunan Indonesia.
  1. Edukasi kepada warga untuk mendukung program pemerintah yang sudah dilakukan, dan juga untuk memperkuat karakter bangsa sebagai bangsa yang cerdas.
  2. Edukasi kepada pemerintah dan industri terkait model kerja sama yang menguntungkan, adil bagi semua pihak, dan mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

5. Pemerintah harus memaksimalkan pemerataan infrastruktur dan pemerataan teknologi dan inovasi TIK hingga ke pelosok Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan dengan beberapa cara di antaranya:
  1. Perlu dibangun government network sebagai langkah strategis inisiatif pemerintah sebagai role model dan menyatukan Indonesia dalam sebuah kesatuan jaringan informasi.
  2. Data kependudukan nasional perlu diperkuat dan didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai pendukung pemerataan akses pelayanan dan pembangunan Indonesia.
  3. Diperlukan integrasi data dan sistem informasi berbasis TIK secara nasional utamanya untuk bidang-bidang yang mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat Indonesia secara luas.
  4. Diperlukan suatu bentuk forum kerja sama antara pemerintah-pemerintah daerah (kota dan kabupaten) dan juga seluruh stakeholder terkait sebagai percepatan pemerataan teknologi dan inovasi TIK di Indonesia.

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)