Monday, May 14, 2018

Belajar konsep #cloud dengan Qnap

Mungkin untuk beberapa orang dan perusahaan, tidak mudah mengadaptasi konsep cloud dalam keseharian mereka. Meskipun tanpa sadar, setiap hari, sebagian besar dari kita telah menggunakan email dan bisa diakses dari smartphone.

Sekarang ini hampir semua hal bisa diakses dengan smartphone, dan itu sangat mudah sekali. Salah satu yang sering kali kita keluhkan adalah media penyimpanan.

Mari kita mulai belajar konsep cloud hanya cukup menggunakan media penyimpanan berbasis cloud, salah satunya adalah Qnap.

Seri perangkat Qnap yang bisa kita beli mulai dari versi TS228, dengan kisaran harga 2jutaan, ditambah dengan harddisk 1TB di kisaran 2jt juga.  Jadi bisa menampung hingga 2 harddisk dalam tiap unitnya

Image result for qnap ts 228

Perangkat ini kecil dan mudah digunakan serta disimpan, baik di kantor ataupun di rumah.

Image result for qnap ts 228

Apabila kita ingin mengamankan data kantor, maka sebaiknya menyimpan unit Qnap ini di rumah. Demikian juga sebaliknya, bila kita mengamankan data rumah, bisa disimpan di kantor. Maka konsep media penyimpanan secara cloud (menggunakan Internet) dapat kita terapkan.

Berikutnya kita tinggal memasang aplikasi-aplikasi yang diperlukan, bisa mulai dengan Qfile yang bisa dipasang di smartphone. Qnap juga memungkinkan diakses dari alamat url xxxx.myqnapcloud.com.

Berikutnya kita pasang aplikasi Qsync yang bisa dipasang di desktop / laptop Windows / Mac. Untuk versi Linux masih belum resmi keluar, tapi kita bisa gunakan cara lain.

Image result for qnap qsync

Semua ini mudah dilakukan, dan diinstall dengan sangat cepat. Berikutnya kita tinggal mengcopy data atau file yang kita ingin simpan di media Qnap, dengan cara sync atau copy ke folder yang dimana kita bisa akses.

Image result for qnap qfile


Kita bisa melakukan setup untuk akses beberapa orang, sehingga storage yang ada bisa digunakan oleh banyak orang.

Berikutnya kita bisa melakukan sync juga terhadap berbagai media storage cloud yang disediakan, seperti Dropbox , Google Drive yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Image result for qnap cloud

Jadi tunggu apa lagi, Qnap memberikan semua kemudahan itu. Bahkan untuk versi Qnap server yang lebih besar, kita bisa langsung memasang beragam aplikasi dengan mudah. Dengan Qnap, anda merasa yakin data tersimpan dengan baik, di tempat yang anda inginkan, dan mudah diakses.