Saturday, August 11, 2018

Kerjasama

_*Kerjasama adalah aliran air bagi setiap orang tanpa melihat kebutuhan atau Keuntungan tertentu didalamnya*_

Kerjasama itu adalah Wajib bagi setiap orang untuk mencapai tujuan hidupnya masing-masing bahkan Organisasipun memerlukan kerjasama untuk meraih peningkatan pertumbuhan yang diinginkan. Kerjasama bisa diciptakan dengan cara apapun dan dalam keadaan apapun karena _Nilai Hidup Dasar_ kita adalah kehidupan sosial kita yang _Pasti membutuhkan_ satu dengan yang lain.

Satu kesalahan yang terjadi adalah ketika kita mulai berpikir _Kerjasama dimulai karena kebutuhan atau karena kita membutuhkan_ yang berarti ketika kita merasa tidak membutuhkan orang lain maka kita akan menjadi _*arogan, individualistis dan mementingkan diri sendiri*_ yang itu akan mengganggu pola _Kerjasama_ yang kita harapkan karena kita merasa _kita bisa menyelesaikan dan mengatasi semua sendiri tanpa orang lain sama sekali_ dan ternyata itu sangat mengkhawatirkan dalam kehidupan pribadi kita maupun organisasi kita. Apalagi ketika kita mulai merasa paling hebat, senior dan paling memberi kontribusi lebih pada masyarakat dan organisasi dibanding orang lain.

Kerjasama perlu kita lakukan tanpa melihat _*Ada atau tidaknya kebutuhan atas kerjasama itu*_ karena ini adalah _Value_ kita sebagai masyarakat sosial, sebagai bagian dari Organisasi. Kerjasama bukan berarti kita menunggu ketika kita mulai kesulitan menemukan jalan keluar sendiri atas masalah yang terjadi tetapi _Kerjasama terjadi karena kita adalah masyarakat yang punya visi misi yang sama dalam organisasi_ artinya kita menyadari bahwa fungsi masing-masing kita adalah kelanjutan dari fungsi orang lain disekitar kita.

Jadi, mari kita lebih menyiapkan diri kita untuk bekerjasama bukan atas dasar _kebutuhan_ kita tetapi karena kesadaran bahwa _Kerjasama adalah Nilai Keberagaman_ yang menjadi bagian _Siklus Kehidupan_ yang berlangsung _*terus menerus, Konsisten, apa adanya, spontanitas dan otomatisasi*_ yang akan terjadi, bukan melihat dahulu, apakah menguntungkan atau tidak, apakah punya kepentingan atau tidak tetapi justru karena _*kita menyadari bahwa kita tinggal dalam sebuah rumah yang didalamnya penuh keberagaman sosial dan makna*_

Menciptakan _*SDM yang yang tumbuh mengalir karena Otomatisasi Kerjasama tanpa melihat kebutuhan atau keuntungan semata adalah mendirikan pondasi yang sangat kokoh untuk kemajuan dan profesionalitas Industri dan Organisasi kedepannya*_ 

*Fajar Riadi Dwi Sasongko*
_(Human Capital Specialist)_

Fanky Christian
IT Infrastructure Specialist
Smartcityindo.com
StartSmeUp.Id

Chairman DPD DKI APTIKNAS
Vice Chairman ASISINDO
Secretary ACCI