PRTG jadi pilihan Service Provider di Indonesia

Dari acara webinar PRTG for Service Provider, banyak hal diangkat dan menjadikan alasan mengapa PRTG menjadi pilihan berbagai Service Provider di Indonesia. 

Service Provider adalah perusahaan yang secara khusus memberikan layanan kepada perusahaan lain, dan IT Service Provider artinya memberikan layanan khusus terkait IT. Umumnya IT Service Provider dapat dikelompokkan menjadi :

- Perusahaan penyedia bandwidth Internet (Internet Service Provider)

- Perusahaan penyedia aplikasi (Software Service Provider)

- Perusahaan penyedia SDM (Outsourcing / Human Resources Service Provider)

- Perusahaan penyedia Layanan Terpadu (Managed Service Provider)

- Perusahaan penyedia Layanan khusus (IoT / AIoT / special Service Provider)

dan berbagai service provider lain. Lalu dimana PRTG bisa membantu ?

PT Daya Cipta Mandiri Solusi (DCMS) merupakan Platinum partner dari PRTG, dan menangani PRTG sejak 2009. Pengalaman dari perusahaan disampaikan dalam kesempatan webinar tersebut untuk membuka wawasan mengapa PRTG menjadi pilihan perusahaan Service Provider di Indonesia. 

PRTG banyak digunakan di kalangan ISP karena kemudahannya, dan kemampuannya yang powerful. PRTG tidak hanya memonitor PING dan penggunaan bandwidth, tapi hingga aplikasi, database selain URL yang menjadi keperluan konsumen ISP. Oleh karena itu, ISP sebelumnya gunakan MRTG seharusnya beralih ke PRTG. 

PRTG bagi penyedia layanan berbasis cloud juga menarik, meskipun sebenarnya PRTG bukan aplikasi berbasis cloud. PRTG dapat dipasang di server fisik , atau server virtual, dan bisa dipasang di lingkungan cloud yang dimiliki oleh penyedia aplikasi. Dari sanalah mereka memonitor URL, memastikan semua layanan berfungsi normal. Kemudian aplikasi services dan database, ini sangat penting untuk memastikan perusahaan penyedia aplikasi dapat mengetahui dengan pasti kapan terjadi masalah, tren akses serta penggunaan database dan aplikasi mereka. 

Bagi penyedia jasa terpadu, dimana mereka menyediakan hardware, jaringan, software bahkan brainware, maka produk PRTG yang memberikan solusi All-In-One sangat tepat untuk mereka. Mereka tidak harus berganti aplikasi untuk memonitor aspek tertentu, tapi dari satu aplikasi bisa melakukan monitoring semua. 

Dari pengalaman DCMS dalam implementasi PRTG, mereka menemukan banyak hal tertentu bisa dimonitoring dengan baik dengan gunakan PRTG. Maka produk seperti PRTG juga digunakan untuk monitoring Internet of Things (IoT), Artificial Intellegence IoT (AIoT), dimana sekarang sudah mula merambah ke dunia manufaktur. 

Demikian juga hal penting, power monitoring - ini permasalahan umum Service Provider di Indonesia, dapat dimonitor dengan gunakan tambahan alat / gateway, seperti AKCP - IoTNBox dan perangkat lain berbasis SNMP hingga MQTT, dapat diintegrasikan dengan PRTG.

Ikuti secara lengkap pembahasannya dalam rekaman ulang di bawah ini. 


Silahkan kontak DCMS melalui email dcmsales@dayaciptamandiri.com untuk membantu anda.

Sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/604ab46a8ede4826c064308a/prtg-jadi-pilihan-service-provider-di-indonesia