10 tren dan prediksi data dan AI untuk tahun 2024

 10 tren dan prediksi data dan AI untuk tahun 2024, antara lain:



1. AI generatif akan menjadi mainstream. Di tahun 2024, adopsi dan penggunaan AI generatif di perusahaan diprediksi akan meningkat pesat.


2. Terjadi persaingan antara AI open source dan closed source. Pengembang diperkirakan akan mengadopsi model open source dalam jumlah besar, namun model proprietary masih akan diminati.


3. Aplikasi AI generatif yang "membosankan" akan memberikan nilai terbesar bagi bisnis. Otomatisasi proses bisnis yang fundamental seperti ekstraksi dokumen dan customer support diperkirakan akan menjadi penggerak utama nilai AI generatif. 


4. Perusahaan akan menginvestasikan model berbahasa besar (LLM) yang lebih kecil dan khusus domain. LLM khusus domain menawarkan akurasi dan kontrol yang lebih tinggi. 


5. Risiko peretasan dan disinformasi oleh AI generatif mulai mencuat ke permukaan. Mitigasi risiko menjadi penting dengan cepatnya perkembangan AI generatif yang semakin canggih.  


6. AI generatif dapat menurunkan hambatan untuk membentuk budaya data di organisasi. Alat seperti AI assistant dapat membuat analisis data lebih intuitif dan dapat diakses lebih luas.  


7. Ledakan AI memperkuat upaya tata kelola data. Kualitas dan governance data menjadi semakin penting dengan penggunaan LLM dan data tidak terstruktur yang meningkat.


8. Literasi data dan AI menjadi krusial untuk sukses memanfaatkan AI generatif, dalam menangani risiko seperti halusinasi.  


9. Prompt engineering diprediksi akan menjadi skill yang berharga di berbagai peran, meski belum tentu menjadi jalur karir tersendiri.  


10. AI generatif membuat para profesional data fokus pada menciptakan nilai alih-alih skill teknis. Skill seperti problem solving dan project management menjadi semakin penting.

kesimpulan menurut claude.ai