Expect More From IT

Expect more from IT
Fanky, 19Aug2007, 3am.

Mungkin kalimat yang saya deklarasikan sebagai moto baru bagi perusahaan saya (CV. Daya Cipta Mandiri) terdengar agak aneh. Aneh, karena mungkin saja, yang membacanya akan mengartikan “Mengharapkan lebih daripadanya” . PAdahal pesan yang saya sampaikan adalah Expect More From IT (Berharap lebih dari Information Technology). Maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui dengan pasti, apakah arti sesungguhnya dibalik kalimat singkat ini.

Teknologi Informasi (Information Technology) semakin berkembang dan ‘menguasai’ sebagian besar aktifitas manusia. Database, statistic dan beragam penggunaan informasi digunakan semaksimal mungkin membantu manusia.

Oleh karena itulah, kalimat ini diambil. Kalimat ini tidak hanya menggambarkan harapan untuk memaksimalkan TI lebih baik, lebih optimal, lebih efisien dan efektif untuk mendukung kegiatan manusia.

Tidak mudah memang, tapi inilah cita-cita yang saya harapkan dapat muncul dari Daya Cipta Mandiri. DCM dengan kekuatan pada Daya – Cipta dan tujuan Mandiri menggunakan fase memasuki tahun ke III untuk mengeksplorasi lebih banyak dan lebih maksimal lagi penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan manusia, khususnya dalam kegiatan perusahaan.

Expect – berharap, pengharapan – adanya unsur kepastian, ada pula unsur ketidakpastian. Tiap harapan membuahkan tujuan dan target. Oleh karena itu harapan untuk menggali potensi dan memaksimalkan kemampuan TI serta investasi terkait TI juga menjadi perhatian penting. Bagaimana suatu gerak perusahaan yang didukung oleh TI, serta bagaimana kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan penggunaannya dengan investasi yang tepat.

Expect More memberikan tekanan lebih, tekanan untuk membuat catatan, bahwa apa yang selama ini telah diraih, telah didapat dengan penggunaan TI yang ada, dapat dikembangkan, diexplore, dimaksimalkan kembali dengan acuan terhadap tujuan dan target (harapan – Expect) yang dibuat tadi. Bagaimana menggunakan sistem jaringan komputer lebih maksimal, tanpa melakukan banyak perubahan dan investasi yang besar, inilah contohnya.

From IT, mungkin ini yang tidak boleh salah penulisannya. Bisa saja diartinya Dari Padanya (from it), tapi yang dimaksud adalah From IT – dari Information Technology. Jadi tentunya terkait dengan bidang teknologi informasi, khususnya apa yang dikuasai oleh DCM saat ini.

From IT – untuk saya juga berarti lain lagi, from it dalam artian ‘daripadanya’ – berharap lebih daripada DCM. Oleh karena itu, peranan DCM harus ditingkatkan. Tidak hanya sebagai perusahaan yang memberikan solusi TI, tetapi juga perusahaan yang memungkinkan proses pembelajaran TI bisa terjadi. Tidak mudah memang, tapi inilah yang kurang diresapi oleh banyak perusahaan, yaitu bagaimana proses pembelajaran dapat dilakukan melalui solusi dan produk yang ditawarkan.

DCM seyogyanya mengembangkan pola pembelajaran ini dengan membangun knowledgebase yang akan membantu konsumen, calon konsumen, juga halnya dengan publik.

Dengan rangkaian produk dan solusi yang dimiliki oleh DCM, maka menjadi tantangan besar bagi saya dan tim untuk mengembangkan DCM lebih maksimal. Dengan perusahaan solid (People – Solution), maka diharapkan DCM dapat berkembang lebih baik lagi menyongsong tahun ke III dari perusahaan.

Dan DCM merencanakan untuk memfokuskan kembali kepada kompetensi inti perusahaan, yaitu networking / jaringan. Oleh karena itu, segala produk dan solusi terkait ini akan dikembangkan lebih maksimal dengan kombinasi ke sms gateway, sistem multimedia queuing system dan penyewaan aplikasi.

Selamat mengharap lebih dari kami,

Fanky.

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)