PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM UNJ

Rabu, 30 Maret 2011
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM UNJ
Ditulis Oleh : Humas UNJ
Humas UNJ, 29/3/2011. Senin, 29 Maret 2011 bertempat di Aula Perpustakaan UNJ, Pembantu Rektor I mengadakan Seminar dengan tema “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum”. Seminar ini dihadiri oleh PD I, Kajur dan Kaprodi di lingkungan UNJ. Hadir sebagai Pembicara pertama, PR I, Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd.

Dalam paparannya beliau menjelaskan, bahwa pengembangan kurikulum adalah sebagai dasar pemikiran sejarah dan perkembangan UNJ sebagai LPTK. Dijelaskan pula oleh beliau, perjalanan kurikulum UNJ yang pertama adalah kurikulum LPTK tahun 70-90, meliputi Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK), Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS), Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MKPBM) dan MKCF (sesuai kebutuhan institusi). Pada Kurikulum UNJ era 2000 hingga kini (Kepmendiknas 232/U/00 dan 054/U/02 yang meliputi Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MKBB).

Dr. Bambang Heru sebagai pembicara kedua, memaparkan Grand Design Pengembangan Teknologi Informasi. Grand Design Pengembangan Teknologi Informasi dan komunikasi UNJ Tahun 2011-2015 disusun untuk memberikan pedoman dalam pembangunan sistem TIK di UNJ. Rancang bangun ini disusun untuk mencapai suatu tujuan, antara lain mencapai UNJ sebagai excellent smart campus menuju Cyber University dalam lima tahun ke depan, serta peningkatan kualitas manajemen organisasi melalui penerapan manajemen administrasi berbasis TIK yang inovatif sesuai dengan Good University Governance (GUG) yang diharapkan.

Sebagai informasi bahwa jadwal pengumpulan dokumen kurikulum (Silabus dan SAP) dimulai dari 1-29 April 2011, kemudian Dosen menyerahkan kepada Kajur/Kaprodi, pada tanggal 2-6 Mei 2011 Kajur/Kaprodi menyerahkan kepada PD 1 kemudian membuat validasi dokumen, serta Kaprodi PPs menyerahkan kepada Asdir 1 dan membuat validasi kemudian pada tanggal 9-20 Mei 2011 Asdir 1 menyerahkan kepada Sekretaris Akademik (Kantor PR 1 UNJ), terakhir tanggal 1 April-31 juli 2011 dilakukan Pengunggahan ke website UNJ. (rn)