Apakah PABX itu ?

PABX itu apa?

Kami coba menjelaskan PABX itu apa dengan menjelaskan gambar di bawah ini sebagai upaya untuk memahami produk tersebut secara awam bukan secara teknik.
Gambar diambil dari Installation Manual pabx Panasonic model KX-TES824. (Untuk yang sudah mengetahui tentunya uraian ini tidak perlu dibaca) :)
Untuk membaca empat alasan umum diperlukan pabx klik disini.

PABX tampak pada gambar di bawah adalah KX-TES824 dengan kapasitas 8 line Telkom dan 24 extension. (kapasitas awal 3 line 8 extension)
  • Kapasitas 24 extension maksudnya, pesawat telepon yang terhubung dengan box PABX maksimum sebanyak 24 extension. Antar extension dapat berhubungan dengan mendial nomor extension sehinga pembicaraan antar lokasi yang dapat dicakup oleh PABX tersebut tidak ada biaya berupa tagihan pulsa ataupun sejenisnya. 
  • Untuk berhubungan dengan pihak luar maka PABX ini biasanya dihubungkan dengan Line Telkom (lihat Outside (CO) line pada gambar)
  • Jarak antara PABX dengan extension maksimum +/- 300 meter untuk pesawat 'khusus' (lihat extension 'PT' contoh pesawat Proprietary Telephone  adalah KX-T7730) pada gambar diatas dan maksimum berkisar 1000 meter untuk pesawat jenis SLT misal KX-TS505, Fax dan Wireless telephone. Kabel yang menghubungkan pesawat telepon (extension) dengan PABX adalah 'star', jadi bukan serial seperti instalasi lampu.
  • Jumlah pembicaraan dengan pihak luar tergantung pada jumlah line Telkom (provider lain) yang terhubung ke PABX. Misalkan ada 2 line terpasang maka pada saat bersamaan maksimum hanya 2 pembicaraan yang dapat dilakukan antara pihak extension dengan pihak luar.Apakah line Telkom harus ada dalam semua pemasangan PABX? Jawabannya tidak selalu perlu. Jika tidak ada line Telkom maka PABXnya berfungsi hanya untuk komunikasi internal (dalam satu gedung atau lokasi)
  • Biasanya PABX ini dilengkapi dengan 'Batteries' yang menjaga kontinuitas pembicaraan pada saat ada pemadaman aliran listrik.
  • Juga biasanya PABX ini dapat di program melalui komputer dan dapat dilengkapi dengan Billing System untuk merekam data nomor yang dihubungi dari extension keluar 'outside line' termasuk waktu (tanggal dan jam)  dan lama (menit) pembicaraan tersebut dilakukan oleh suatu extension tertentu.
  • Dapat dilengkapi pula dengan doorphone interface sehingga pabx dapat pula digunakan untuk melakukan pembicaraan dengan tamu yang datang berkunjung ke kantor atau ke rumah. sekaligus dapat dihubungkan dengan perangkat lain untuk membukakan pintu hanya dengan menekan tombol tertentu dari pesawat telepon yang sedang melakukan pembicaraan dengan doorphone.
  • Dapat pula dilengkapi dengan Voice Processing System yaitu alat untuk memudahkan pihak luar yang menghubungi ke PABX yang dipasangi VPS agar dapat mendial sendiri nomor extension yang hendak dihubungi serta meninggalkan pesan bila extension yang dihubungi tidak menjawab.