Mengapa UMKM harus mempertimbangkan untuk menggunakan LINKEDIN

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah menembus 60 juta usaha di Indonesia. Dan ini sangat membanggakan, sekaligus memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM untuk bisa aktif dan terus menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan usahanya.
Salah satu yang kami kerjakan adalah membantu mereka untuk mengoptimalkan komunikasi dan keberadaan di Linkedin. Apa saja yang harus dilakukan UMKM untuk mengoptimalkan Linkedin ?
Pertama, pastikan anda memiliki profil yang baik dan menarik di LinkedIn. Karena jaringan LinkedIn memiliki jutaan akses terhadap para profesional, karyawan dan pemimpin perusahaan, maka pastikanlah profil LinkedIn juga mencerminkan usaha dan kegiatan UMKM yang kita lakukan. Jangan lupa merubah nama profil anda menjadi sesuatu yang mudah diingat, seperti https://id.linkedin.com/in/namaanda.
Kedua, gunakan halaman perusahaan (Company Page) untuk memasukkan produk dan jasa Anda. UMKM seringkali memiliki produk dan jasa yang bagus, tetapi kesulitan mengkomunikasikannya dengan menggunakan teknologi informasi, dan halaman perusahaan LinkedIn adalah solusi yang sangat bagus lagipula tidak berbayar. 
Ketiga, mulailah kembangkan jaringan Anda. Cari orang dengan ketertarikan atas produk dan jasa kita, mintalah terkoneksi dengan mereka. Masuk dan bergabunglah dengan berbagai kelompok (Groups) yang sesuai dengan produk dan jasa serta target pasar yang kita inginkan. Mulailah berkomunikasi dengan mereka, berikan update dan sharing yang sesuai dan menarik, jangan melulu berjualan. Ingatlah komunikasi dalam sosial media bukanlah jualan, melainkan berbagi. Lakukan berbagi banyak hal ini di profil, group yang kita ikuti dan tentu saja halaman perusahaan kita.
Keempat, gunakan SlideShare untuk menampung informasi brosur, dokumen dan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk dan jasa kita. Kemudian koneksikan dengan profil kita, bagikan di halaman perusahaan kita. Terus menerus ini kita lakukan. Jangan ragu untuk meng-upload foto dan kegiatan usaha kita, tapi tentu saja LinkedIn bukan seperti sosial media lainnya yang bisa menampung banyak foto terus menerus. Setiap update di profil, group dan halaman perusahaan hanya bisa menampung satu foto , satu dokumen atau satu video.
Kelima, luangkan waktu setiap hari untuk mengupdate informasi profil, group dan halaman perusahaan anda. Jangan malas, karena kerajinan kita menggunakan sosial media akan sangat membantu UMKM kita.
Nah, tunggu apa lagi, segera gunakan LinkedIn untuk UMKM kita. Kalau perlu bantuan dan asistensi, bisa kontak kami : startsmeup@dayaciptamandiri.com sekarang juga.

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)