Lakukan Analisa Atas Data dengan ME Analytics Plus

Semakin banyaknya perangkat lunak yang membantu pekerjaan kita seharusnya akan membuat hidup kita lebih mudah. Terlebih lagi, sekarang sudah jamannya bicara data. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Dan data ini diperjelas lagi dalam KBBI sebagai keterangan yang benar dan nyata. Kumpulan data ini disebut dengan database. Dan analisa dilakukan atas data.

Beragam software tersedia untuk melakukan analisa atas data, salah satunya mungkin yang paling umum adalah aplikasi spreadsheet, seperti Excel. Tapi Excel memiliki keterbatasan, tidak semua jenis data bisa dibaca, harus dikonversi menjadi format yang dikenalnya. Oleh karena itu berkembanglah banyak software lain. diantaranya Tableau Software, Qlickview yang dulu sering saya gunakan.

Tapi harga software seperti itu tidaklah murah. Banyak perusahaan telah membelinya tapi belum menggunakannya secara optimal. Banyak pilihan yang tersedia, dan sekarang saya banyak menggunakan ManageEngine Analytic Plus.

Software ini memang banyak digunakan untuk membaca data yang berasal dari lini softwarenya sendiri, seperti ServiceDesk Plus, OpManager, Application Manager dan SupportCenter. Namun ternyata memiliki kemampuan juga untuk mengambil langsung dari database ataupun membaca sumber lainnya.

ME Analytic Plus bisa meng-Upload data dari flat files seperti .CSV, .XLS, .HTML, .JSON, .XML, dan .TSV atau menarik data dari web URL feeds. Bisa juga sinkronisasi dengan SQL database seperti Oracle, MSSQL, MySQL, dan PostgreSQL, serta NoSQL termasuk Mongo DB, Cassandra.

Kemampuan lain adalah data blending. Blend dan merge data dari table yang berbeda. Tentu, apakah tools nya, yang penting adalah kemampuan kita untuk memahami data yang tersedia, serta bagaimana menampilkannya.

Selamat mencoba produk ini, apabila ada kendala bisa menghubungi kami segera.

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)