UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar, gunakan digital marketing

Salah satu pertanyaan besar yang sering kali kami temukan dalam komunitas UKM dimana kami bergabung adalah, bagaimana bersaing dengan perusahaan besar ?

Perusahaan besar memiliki dana marketing yang cukup untuk melakukan iklan di berbagai media, dan termasuk sosial media.

Jawabnya ada 3 langkah mudah yang bisa dilakukan rekan-rekan pengusaha UKM.

Pertama, menulislah di blog. Perusahaan kami sendiri tidak pernah mencadangkan dana untuk melakukan marketing melalui media massa, dan sosial media, melainkan menggunakan blog. Kami bergabung dalam jaringan blooger sejak kami berdiri, dan kami menulis banyak hal tentang produk dan jasa kami. Menulis di blog tentu harus cermat. Pilihlah mesin platform blog yang sesuai dengan bisnis anda. Blogger masih menjadi pilihan utama. Kemudian integrasikan blog dengan website anda. Memang dalam banyak website perusahaan, mereka juga menyediakan fasilitas blog. Tapi dengan menggunakan kemampuan blog dari platform terintegrasi memiliki keuntungan sendiri, yaitu kemudahan keyword dan akses. Website perusahaan mungkin perlu tim khusus untuk mengelolanya, dengan blogger atuapun platform lain semua bisa dllakukan dengan mudah dan cepat.

Kedua, gunakan email marketing. Koleksilah email sebanyak mungkin, terutama email pelanggan dan calon pelanggan. Kemudian rutinlah kirimkan email tentang produk jasa, solusi , update blog dan konten yang sesuai. Dengan email, pelanggan akan tetap terkomunikasikan.

Ketiga, tentu gunakan sosial media. Integrasikan blog perusahaan dengan sosial media, mulai dari facebook, twitter hingga LinkedIn, Semua bisa dilakukan dengan mudah, dan saya cenderung memilih blogger.com. Blog bisa diupdate ke twitter dan kemudian ke facebook. LinkedIn juga memiliki kekuatan sendiri terutama bagi kita yang bermain di area B2B (business to business)

Ayo segera buat dan optimalkan usaha anda dengan 3 langkah ini. Kontak kami untuk mendapatkan bantuan terkait diatas, email ke startsmeup@dayaciptamandiri.com. Maju UKM Indonesia !

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)