MENGENAL APA ITU EDGE COMPUTING

edge computing
Edge Computing memungkinkan data yang dihasilkan oleh perangkat internet of things (IoT) diproses lebih dekat ke tempat dibuat alih-alih mengirimnya melintasi rute panjang ke pusat data atau cloud. Melakukan komputasi ini lebih dekat ke tepi jaringan memungkinkan menganalisis data penting dalam waktu dekat – kebutuhan organisasi di banyak industri, termasuk manufaktur, perawatan kesehatan, telekomunikasi, dan keuangan.
Apa sebenarnya Edge Computing?
Edge Computing adalah “jaringan mesh pusat data mikro yang memproses atau menyimpan data penting secara lokal dan mendorong semua data yang diterima ke pusat data pusat atau penyimpanan penyimpanan cloud, dalam jejak kurang dari 100 kaki persegi,” menurut perusahaan riset IDC.
Ini biasanya disebut dalam kasus penggunaan IoT, di mana edge computing akan mengumpulkan data – kadang-kadang dalam jumlah besar – dan mengirimkan semuanya ke pusat data atau cloud untuk diproses. Edge computing triase data lokal sehingga sebagian dari itu diproses secara lokal, mengurangi lalu lintas backhaul ke repositori pusat.
Biasanya, ini dilakukan oleh perangkat IOT mentransfer data ke perangkat lokal yang mencakup komputasi, penyimpanan dan konektivitas jaringan dalam faktor bentuk kecil. Data diproses di tepi, dan semua atau sebagian dari itu dikirim ke pusat pengolahan atau penyimpanan penyimpanan di pusat data perusahaan, fasilitas co-location atau IaaS cloud.
Mengapa Edge Computing penting?
Penyebaran edge computing ideal dalam berbagai situasi. Salah satunya adalah ketika perangkat IoT memiliki konektivitas yang buruk dan tidak efisien untuk perangkat IoT untuk selalu terhubung ke pusat cloud.
Kasus penggunaan lain berkaitan dengan pemrosesan informasi sensitif laten. Sistem Edge ini berhasil mengurangi latensi karena data tidak harus melintasi jaringan ke pusat data atau cloud untuk diproses. Ini sangat ideal untuk situasi di mana latensi milidetik tidak dapat dipertahankan, seperti dalam layanan keuangan atau manufaktur.
Data tersebut tidak perlu dikirim melalui jaringan segera setelah dibuat, jadi alih-alih sistem edge computing lokal mengumpulkan data dan mengirimkan laporan harian ke pusat data pusat atau cloud untuk penyimpanan jangka panjang. Dengan hanya mengirim data penting melalui jaringan, sistem ini mengurangi data yang melintasi jaringan.
Contoh lainnya adalah pembangunan jaringan seluler 5G generasi berikutnya oleh perusahaan telekomunikasi. Kelly Quinn, manajer riset di IDC yang mempelajari edge computing, memprediksi bahwa ketika penyedia telekomunikasi membangun 5G ke dalam jaringan nirkabel mereka, mereka akan semakin menambah pusat data mikro yang terintegrasi atau terletak berdekatan dengan menara 5G. Pelanggan bisnis akan dapat memiliki atau menyewa ruang di pusat data mikro ini untuk melakukan edge computing, kemudian memiliki akses langsung ke gateway ke jaringan operator telekomunikasi yang lebih luas, yang dapat terhubung ke penyedia cloud IaaS publik.
sumber: http://www.immersa-lab.com/mengenal-apa-itu-edge-computing.htm