Cara Meningkatkan Efisiensi Data Center dan Menghemat Biaya

Cara Meningkatkan Efisiensi Data Center dan Menghemat Biaya

Meningkatkan Efisiensi Data Center Dengan Virtualisasi
Virtualisasi adalah sebuah awal, bukan tujuan akhit. Untuk mendapatkan keuntungan dalam efisiensi data center terutama dalam hal energi, Anda perlu berbuat lebih banyak pada penghematan finansial.
Virtualisasi telah menjadi salah satu pendorong utama efisiensi data center. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan lebih sedikit server dan mengatur kembali penggunaan energi mereka sebagai hasilnya. Ini dapat dilakukan dengan mengambil beberapa laporan dari data center yang menggunakan persentase outsized dari energi di negara maju.

Meningkatkan Efisiensi Data Center Dengan Virtualisasi

Bagi beberapa perusahaan, keunggulan virtualisasi mungkin telah mencapai puncaknya. Sebagian besar sudah tahu itu adlaah sesuatu yang harus dilakukan jika menginginkan efisiensi. Tapi kebanyakan perusahaan hanya melakukan hal mendasar. Ada tambahan pergerakan yang bisa dilakukan perusahaan jika mereka ingin meningkatkan efisiensi data center mereka dan menghemat biaya. Banyak yang telah mencapai ambang maksimum untuk efisiensi data center di luar rak.
Untungnya, semakin banyak alat yang tersedia untuk membantu CIO dalam menghemat penggunaan energi dan mengelola datanya secara lebih efisien. Dengan membangun fondasi virtualisasi, operator data center yang cerdas dapat meningkatkan penghematan biaya dengan mengoptimalkan contoh virtual melalui teknik seperti pemanfaatan dan deduplikasi, atau melalui penggunaan teknologi cloud dan teknologi yang strategis seperti edge-computing dan fogging.

Optimalisasi, Utilisasi, Deduplikasi

Salah satu faktor yang paling berkontribusi terhadap manfaat virtualisasiadalah bahwa perusahaan akan sering membuat virtualisasi server baru namun tidak akan melakukan hal yang sama untuk peralatan yang lebih tua. Evaluasi ulang dan ganti infrastruktur fisik yang sudah lama. Dalam kebanyakan situasi, hal tersebut umumnya merupakan hal yang belum pernah dilakukan.
Ada sejumlah alasan untuk menghindari langkah ekstra dan berkelanjutan itu. Perusahaan atau divisi mungkin tidak memiliki anggaran, atau aplikasi penting mungkin tidak didukung. Terlepas dari sifat hambatannya, kuncinya adalah kembali melihat infrastruktur data center anda seperti pada server dan penyimpanan virtual yang sudah terlalu berumur.
Tugas terkait yang bisa membawa virtualisasi Anda sampai batas maksimalnya adalah “perburuan zombie“. Pada dasarnya, ini akan mematikan peralatan yang menggunakan daya saat tidak melakukan apa-apa. Setiap organisasi akan memiliki beberapa server zombie, dan melakukan dekomisioning, mereka dapat menghemat beban 300 watt untuk setiap server. Hal ini merupakan salah satu fokus pada peningkatan efisiensi data center. Begitu server mencapai 67 persen penggunaan, ini sangat berguna karena Anda bisa mendapatkannya. Pada saat itu, untuk menigkatkan efisiensi lebih pada server, Anda harus mengoptimalkan operasional Anda.

Pengaturan Utilisasi Terbaik

Setelah Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk virtualisasi, Anda dapat mulai menyempurnakan utilisasi Anda. Banyak perusahaan tidak menyadari berapa banyak penyimpanan dan perhitungan yang sebenarnya mereka gunakan. Biasanya, mereka juga tidak tahu di mana penyimpanan dan perhitungan itu berada, apalagi di server yang mana.
Seorang arsitek data center dari sebuah perusahaan teknologi besar yang sangat khawatir tentang berkembangnya ruang server memiliki pengalaman yang menarik. Setelah deduplikasi dan perbaikan pemanfaatan lainnya, ternyata justru sebaliknya. Dari enam data center perusahaan, kemudian turun menjadi hanya empat, setelah mengurangi biaya energi sebesar 33 persen.
Sebuah kelompok akan menduplikatnya untuk pembangunan, satu lagi untuk pemulihan, satu lagi untuk pementasan, satu lagi untuk pelatihan, dan sebagainya. Deduplikasi memotong ruang dan energi yang dibutuhkan untuk salinan cadangan yang berlebihan ini, menghasilkan penghematan yang substansial.

Gunakan Teknologi Cloud

Teknologi cloud telah muncul sebagai alat kunci untuk memaksimalkan efisiensi data center. Perusahaan yang sangat tervirtualisasi lebih cenderung menggunakan teknologi cloud dan layanan cloud. Dalam beberapa kasus, perusahaan menggunakan cloud untuk mendukung data center sebagai sarana penambahan kapasitas. Dalam kasus lain, perusahaan memiliki kebutuhan kapasitas yang tidak dapat diprediksi, dan data yang ditambahkan ke cloud dapat tidak bersifat mission-critical.
Sebuah perusahaan yang belum memiliki data center akan perlu cepat mendapatkan sesuatu dan bergerak dapat memanfaatkan teknologi cloud. Anda dapat menjalankan penyimpanan dan menghitung dalam waktu singkat, meskipun Anda harus berhati-hati dengan jenis data yang Anda di pindahkan ke cloud. Material mission-critical, steady-state paling tidak sesuai untuk lingkungan cloud.
Akhir-akhir ini, penyedia cloud telah menciptakan lingkungan keamanan yang lebih kuat yang mengimbangi, sampai tingkat tertentu, kerentanan teknologi cloud untuk hacking. Ini membantu membuat penyebaran cloud dari perspektif energi dan keamanan.

Gunakan Konsep Edge

cloud vs edge computing dalam efisiensi data centerEdge computing merupakan elemen baru dalam kalkulus pengelolaan data center. Organisasi saat ini berjuang dengan ping time 53 mikrodetik per 1.000 mil. Fintech, Transportasi Online dan IoT adalah dua contoh teknologi yang tidak dapat mentolerir network latency.
Bila Anda menemukan penghitungan dan memori di tempat yang sama, atau setidaknya sangat dekat satu sama lain, dan menyebarkan node tempat mereka berinteraksi, Anda tidak memiliki kebutuhan yang sama untuk mengirim data ke lokasi pusat untuk diproses dan kemudian mengirim Data yang diolah habis untuk diimplementasikan. Sebagai gantinya, data diolah di tempat yang sama. Hal tersebut dapat membuat komputasi lebih cepat sekaligus mengurangi pengeluaran energi dan kebutuhan pendinginan.

Fog Computing

Kabut komputasi dan Edge computing adalah istilah yang biasa digunakan dan mengacu pada Internet of Things (IoT). Kabut komputasi adalah infrastruktur komputasi terdesentralisasi yang mendistribusikan komputasi dan penyimpanan sedekat mungkin dengan pengguna akhir. Pengolahan terjadi di hub data pada perangkat cerdas atau di router cerdas atau gateway, sehingga mengurangi jumlah data yang dikirim ke cloud.
Edge computing mengambil pemrosesan lokal selangkah lebih maju dengan membawa komputasi lebih mendekati sumber pembuatan data. Setiap perangkat di jaringan memiliki peran dalam memproses data yang dihasilkannya.
Kabut komputasi sudah lazim di smart-building, jaringan pintar, dan jaringan yang didefinisikan oleh perangkat lunak (software Define Networking). Pada tahun 2015, Cisco Systems, Intel, Microsoft, Universitas Princeton, Dell, dan ARM Holdings mendanai Konsorsium OpenFog, yang sekarang memiliki hampir 50 anggota perusahaan dan institusi.
Karena penggunaan IoT menjadi lebih luas, kedua solusi komputasi ini menawarkan metode pemrosesan data serupa yang mengelolanya dengan lebih efisien dan, pada akhirnya, mengurangi tekanan pada data center Anda serta meningkatkan penghematan biaya.

Kesimpulan Efisiensi Data Center untuk Para Pimpinan IT

Strategi data center yang sehat harus mencakup strategi seperti pemanfaatan dan perburuan zombie. Hal ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan energi pada data center anda sebagai praktik terbaik manajemen pasokan listrik data center anda. Edge dan Fog computing merupakan teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi latency, dan menghemat energi.
sumber: https://datacenter-indonesia.com/cara-meningkatkan-efisiensi-data-center/