Pengertian dan Fungsi Optical Distribution Point Atau ODP


Memahami ODP Jaringan Akses Fiber Optik. Dikala ini telkom sudah gencar melaksanakan realisasi jaringan indihome fiber, yang mana teknologi yang digunakan oleh produk indihome merupakan teknologi jaringan GPON dengan mengadopsi media penghantar informasi suatu serat optik ataupun yang lebih diketahui dengan nama Fiber Optic( FO).

Hanya menegaskan kembali, kalau saat sebelum bergeser ke indihome, telkom mempunyai produk layanan internet yang diucap Speedy dengan memakai teknologi jaringan ADSL serta masih menggunakan media suatu suatu kawat tembaga bagaikan media penghantar informasi dan mempunyai kecapatan optimal sampai 5 Mbps.

Serta buat dikala ini pihak telkom sudah melaksanakan revolusi digital dengan mengusung produk yang bernama Indihome yang mencampurkan layanan Internet, IPTV, serta Telepon Rumah ataupun yang sering di dengar dengan layanan Triple Play Fiber Optic.

Share postingan kali ini hendak mangulas sebagian fitur jaringan yang digunakan buat menunjang layanan fiber optik sehingga secara tidak langsung bila perlengkapan ataupun fitur ODP tersebut telah terpasang di dekat tempat tinggal kamu, hingga di yakinkan kalau daerah kamu telah tercover oleh layanan internet dengan bandwidth kecepatan besar sampai lebih dari 100 Mbps.

Didalam jaringan fiber optik kita hendak memahami sebutan Fiber To The Home ataupun di pendek dengan sebutan FTTH yang ialah sesuatu akses jaringan yang menghubungkan antara pusat layanan dengan perlengkapan pelanggan dengan memakai fiber optik. 

Pengertian dan Fungsi ODP

ODP merupakan singkatan dari Optical Distribution Point yang ialah suatu fitur pendukung layanan fiber optik yang berperan bagaikan titik terminasi kabel drop optik ataupun tempat buat membagi satu core optic ke sebagian pelanggan( halte), serta ODP dibagi dalam sebagian tipe, ialah.

Optical Distribution Point merupakan tempat terminasi kabel yang mempunyai sifat- sifat tahan korosi, tahan cuaca, kokoh serta kuat dengan konstruksi buat dipasang diluar. ODP berfungsi bagaikan tempat instalasi sambungan jaringan optik single- mode paling utama buat menghubungkan kabel fiberoptik distribusi serta kabel drop. Fitur ODP bisa berisi optical pigtail, connectoradaptor, splitter room serta dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.

ODP dipasang wajib cocok dengan peruntukannya, ODP Pole cuma boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada bilik serta ODP Clousure cuma boleh dipasang pada kabel SCPT serta kabel SSW baik pada pertengahan gawang ataupun di dekat Tiang.Metode pemasangan ODP dengan metode memetik salah satu core dari kabel distribusi secara urut. Setelah itu core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP ialah pasif 1/ 8. Sehingga pasif tersebut di split jadi 8.

Macam-Macam Jenis ODP

ODP Closure
ODP Closure merupakan suatu kotak gelap yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT serta kabel SSW, serta buat letak pemasangan dapat terletak dekat dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara 2 tiang telepon.

ODP Pole

ODP Pole merupakan suatu kotak halte kabel fiber optik yang di pasang pada tiang kabel telepon yang berperan bagaikan tempat buat membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sehingga bila rumah kamu dekat dengan kotak ODP Pole/ ODP Wall hingga hendak lebih gampang bila mau mengajukan pemasangan jaringan indihome.

Gimana bila tempat tinggal kamu jauh dari ODP Pole ataupun berjarak lebih dari 100 m, hingga buat jadi pelanggan indihome kamu wajib membeli sendiri bonus kabel fiber
( bila rumah kamu berjarak lebih dari 100 m dari Box ODP Pole).

ODP Pedestal
ODP Pedestal merupakan suatu tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di taruh di atas tanah, serta biasanya ODP Pedestal ataupun ODP tanah di pasang di dekat komplek perumahan maupun zona perkantoran.

Itulah artikel yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian dan fungsi Optical Distribution Point atau ODP pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial kalian terima kasih.

Kami memastikan Kabel anda terstruktur dan bekerja optimal.
Kami Melayani Perapihan Cabling.
Produk yang kami gunakan : Tyco AMP, Panduit, Netviel, LS-Cable, Rosenberger, Belden.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
CONTACT US : dcim@dayaciptamandiri.com