Posts

Showing posts from October 18, 2009

OSS, Low Cost Tapi Kompetitif

Image
Oleh: Restituta Ajeng Arjanti


Apa kelebihan OSS dibandingkan dengan proprietary software? “Kelebihannya pasti dari segi biaya,” dengan tegas Agustiny, Assistant Manager PPIC PT Nufarindo, perusahaan produsen obat dan suplemen kesehatan, menjawab pertanyaan itu.

Tuntutan perekonomian sekarang ini diakui Agustiny selalu mengarah pada kondisi low cost. Itulah yang menjadi alasan PT Nufarindo beralih menggunakan open source software (OSS). “Dengan OSS kami berharap bisa membantu meningkatkan nilai kompetitif perusahaan jadi lebih baik,” dia menambahkan.

Perusahaan yang bergerak dalam industri kesehatan ini didirikan di Semarang, Jawa Tengah, pada 30 April 1974 dengan nama PT Empeeco. Pada 24 Februari 1977, namanya diganti menjadi PT Nufarindo, singkatan dari PT Nusa Jaya Farma Indonesia. Agustiny menjelaskan, “Fokus bisnis kami adalah memproduksi obat-obatan dan makanan kesehatan atau food suplement.”

Ekonomis

Penggunaan OSS di Nufarindo dimulai sejak akhir tahun 2006. “Kami menggunakan OSS di…

Network Monitoring untuk Instansi Pemerintahan

Perkembangan dunia teknologi informasi Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini sangat menggembirakan. Tidak hanya karena semakin banyak yang menggunakan komputer dan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan operasionalnya, tetapi juga karena semakin banyak aplikasi dan sistem yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan operasional.

Sistem aplikasi ini umumnya memerlukan jaringan, minimal koneksi Internet hingga koneksi ke kantor-kantor cabang pemerintahan. Penggunaan jaringan ini semakin intensif dan menghasilkan banyak hal yang dapat dicapai dengan mudah dan cepat. Ketergantungan instansi pemerintahan kepada penyedia jaringan telekomunikasi dan penyedia jaringan Internet semakin besar. Seiring dengan perkembangan ini, maka timbullah tantangan tersendiri untuk mengetahui kualitas dan besar pengiriman data yang menggunakan media komunikasi data dan telekomunikasi.

Disinilah produk-produk ManageEngine berperan. Salah satu produk yang menjadi primadona dan banyak digunakan perusah…

Costs of Implementing an ERP System

by Dr.Scott Hamilton

1. Costs of Implementing an ERP System*
2. One-Time Costs
3. OnGoing Annual Costs

Costs of Implementing an ERP System*

Enterprise resource planning (ERP) implementation costs can be divided into one-time costs and ongoing annual costs. Both types of costs can be segmented into hardware, software, external assistance, and internal personnel.

One-Time Costs

Software. The cost of an ERP software package varies widely, ranging from $30,000 (USD) for micro-based packages to several million for some mainframe packages. The number of concurrent users generally drives the software costs, so that smaller systems cost less. For illustrative and general guideline purposes, the software package costs range from $50,000 to $200,000 (USD) for smaller manufacturers. In addition to the ERP software package, one-time costs may include systems software, development of customized software, or integration with other applications.

Hardware. Hardware selection is driven by the firm's choic…