apa sih yang dimaksud dengan Access Door utk ruang server?


Sistem Kerja Akses Kontrol Pintu

Akses Kontrol Pintu mempunyai sistem yang tidak terlalu rumit. Secara sederhana sistem kerja akses kontrol terletak pada “kredensial” dan “relay” sebagai komponen utamanya. Sebelum lebih lanjut kedalam sistem kerja akses kontrol terlebih dahulu kami berikan contoh kredensial. Kredensial ini berupa kartu akses, fob kunci, atau kunci lainnya. Ada banyak kartu teknologi termasuk kode magnetik stripe, bar, wiegand, dengan frekuensi 125 kHz, kartu-gesek, smart card, dan kartu contact less smart 26 bit . Atau kombinasi kunci – fobs yang lebih kompak dari kartu ID dan melampirkan ke gantungan kunci. Atau berupa teknologi biometrik yang lebih teruji keamanannya dan sangat efektif seperti sidik jari (Fingerprint), pengenalan wajah (Face ID), pengenalan iris, retina scan, suara, dan geometri tangan.

Berawal dari sebuah kredensial. Pembaca mengirimkan informasi credential berupa nomor menuju panel kontrol yang terdapat dalam Akses Kontrol. Panel kontrol membandingkan nomor kredensial untuk daftar kontrol akses yang tersimpan pada record mesin akses kontrol bisa berupa template sidik jari atau kode-kode tertentu dalam kartu. Kemudian memberikan perintah menerima atau menolak permintaan dan mengirim log transaksi ke database.
Ketika akses ditolak berdasarkan daftar kontrol akses, pintu tetap terkunci. Jika ada kecocokan antara kredensial dan daftar kontrol akses, panel kontrol mengoperasikan relay untuk memberikan perintah membuka pintu. Panel kontrol juga memberikan sinyal saat membuka pintu untuk mencegah alarm. Tentu saja jenis kunci pintunya juga harus support dengan mesin akses kontrol yang digunakan yang berupa electrik lock.
Beberapa Mesin Akses Kontrol Pintu memberikan umpan balik, seperti merah flashing LED untuk sebuah metode akses ditolak dan hijau LED berkedip untuk sebuah metode akses diberikan atau untuk series akses kontrol sidik jari berbentuk handle pintu seperti FL 500. Produk yang didistributorkan oleh Fingerspot ini memberikan sinyal berupa layar display dengan gambar kunci gembok yang terbuka jika akses di terima dan tertutup jika di tolak. Selain itu untuk managemen sumberdaya listriknya kemudian megirimkan perintah mematikan mesin.
Gambaran di atas menggambarkan transaksi verifikasi faktor tunggal. Sebagai contoh, Ferry memiliki hak akses ke ruang server, namun Rangga tidak. Ferry memberikan mandat Rangga ia kini memiliki akses ke ruang server. Agar Rangga tidak bisa secara leluasa keluar masuk ruang server maka harus diberikan batasan atau otentifikasi kedua. Dalam sebuah transaksi faktor dua, kredensial disajikan bisa berupa faktor lain berupa kombinasi PIN, Kartu, intervensi operator, atau masukan biometrik. Metode verifikasi tersebut bisa berupa sidik jari dengan kartu, sidik jari dengan pin atau kombinasi lainnya seperti face id. Hal ini tergantung dari fitur yang disediakan oleh mesin akses kontrol.
Demikian sedikit penjelasan dari sistem kerja akses kontrol pintu secara padaumumnya. 

Kunci Elektrik Strike (Electric Strike Locks)

Electric strike merupakan sebuah alat penguncian elektrik dengan lacthing solenoid sebagai perangkat utamanya. Lacthing solenoid adalah sebuah pengunci yang terdiri dari kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat . Sebuah kawat dibentuk seperti spiral yang selanjutnya disebut kumparan , apabila dialirkan arus listrik maka akan berfungsi seperti magnet batang.
Kunci Electric Strike beroperasi dengan mengirimkan arus listrik kepada solenoida untuk melepaelectric strike Kunci Elektrik Strike (Electric Strike Locks)skan dan membuka pintu atau sebaliknya tergantung dari arus listrik yang dialirkan.Electric Strike dapat dipasangkan dengan satu set kunci remote control yang menggunakan teknologi radio frekuensi untuk kartu atau akses kontrol sidik jari/fingerspot akses kontrol. Electric Strike dalam instalasi terbagi menjadi dua konfigurasi dasar:
1. Fail Secure (Normaly Open). Dalam konfigurasi ini, akan terbuka saat kunci dialirkan arus listrik. Kunci ini akan tetap terkunci dalam apabila tidak ada arus listrik atau terjadi kegagalan power, agar bisa terbuka saat terkunci sistem ini diberikan button relese yang berfungsi untuk membuka kunci. Dalam konfigurasi ini menerapkan sistem dengan jenis arus listrik yang berbeda, baik AC atau DC. Arus AC menciptakan “buzz” untuk memberikan informasi bahwa pintu siap dibuka. Sedangkan Arus DC tidak membuat “buzz”, namun sebuah suara “klik” saat kunci terbuka.
2. Fail Safe (Normaly Close). Dalam konfigurasi ini, beroperasi sama seperti kunci magnetik akan terbuka saat kunci tidak ada aliran arus listrik. Jika ada listrik, pintu akan terbuka hanya dengan menjadi mendorong / membuka.

Kunci Electric Strike memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kunci konvensional. Misalnya, daya tahan dan efektivitas operasi, selain itu Electric Strike lebih mudah untuk menginstal daripada kunci lain yang diberikan tidak ada interkoneksi bagian. Untuk menjalankan kunci ini tidak membutuhkan arus yang besar cukup 450 mA dengan tegangan 12 volt DC.
 
Kunci Electric Strike dipasang pada sisi dalam kusen pintu, sedangkan untuk daun pintu bagian sisi dalam bisa menggunakan hadle pintu biasa. Kita hanya perlu meluruskan flace plate, lach dan pengunci handle pintu Untuk pemasangan Electric Strike tidak diperlukan penambahan braket. Kunci Electric Strike ini lebih sesuai digunakan untuk pintu dengan satu daun misalnya pintu kayu, bisa digunakan untuk ruang server, ruang pribadi(khusus), gudang atau tempat lainnya yang membutuhkan keamanan yang lebih.
Ingin ruangan anda lebih aman, segera investasikan Paket Door Lock Electric Strike Karena keamanan dan kenyamana hal penting dalam hidup kita.


Kunci Magenetik (Electromagnetic Locks)

Sebuah kunci elektromagnetik, juga dikenal sebagai kunci magnetik, telah dipatenkan pada tanggal 2 Mei 1989, oleh Arthur, Richard dan David Geringer Keamanan Akses Kontrol Pintu, kontrol akses perangkat keras perusahaan manufaktur. Perangkat diuraikan dalam desain mereka adalah sama dalam prinsip sebagaimana kunci magnetik modern yang terdiri dari elektromagnet dan plat dinamo.electrictromagnetic Kunci Magenetik (Electromagnetic Locks)
Kunci magnetik adalah alat penguncian yang terdiri dari elektromagnet dan plat dinamo. Dengan melampirkan elektromagnet ke bingkai pintu dan pelat angker ke pintu, sebuah arus yang melalui elektromagnet yang menarik pelat angker menahan pintu tertutup. Kunci Magnetik tidak memiliki bagian interkoneksi, oleh karena itu tidak cocok untuk aplikasi keamanan yang membutuhkan sekuritas yang tinggi karena ada kemungkinan kunci terbuka saat catu daya  terganggu. Namun demikian, kekuatan kunci magnetik saat ini sebanding dengan yang dari kunci pintu konvensional walau daya yang dibutuhkan untuk beroprasi lebih kecil dari bola lampu konvensional. Pada umunnya Elektromagnetik dilengkapi penyimpan daya jangka pendek yang digunakan untuk mempertahankan posisi terkunci pada saat pemadaman listrik jangka pendek.
Sistem kerja kunci magnetik bergantung pada beberapa konsep dasar elektromagnetisme. Pada dasarnya terdiri dari sebuah elektromagnet menarik sebuah konduktor dengan kekuatan cukup besar untuk mencegah kunci pintu tetap tertutup. Dalam perincian lebih detail, perangkat ini memanfaatkan sistem elektromagnetik arus melalui satu atau lebih loop kawat (dikena
sebagai solenoida) yang kemudian menghasilkan medan magnet. Sistem Ini bekerja dalam ruang bebas, tetapi jika solenoid dilingkarkan pada sekitar inti feromagnetik seperti besi lunak sehingga menghasilkan medan magnet sangat kuat. Hal ini dikarenakan domain magnet internal sejajar satu dengan yang lain untuk lebih meningkatkan kerapatan fluks magnet. Selanjutnya Kunci Magnetic terbuka langsung ketika tenaga listrik dipotong sehingga memungkinkan untuk operasi cepat dibandingkan dengan kunci lain.
Kinerja aktual kunci magnetik sangat berbeda dengan kunci elektrik karena mempunyai berbagai kerugian (seperti kebocoran fluks antara elektromagnet dan konduktor). Kekuatan kunci sebanding dengan kuadrat permeabilitas relatif dari inti magnetik. Karena permeabilitas relatif dari material dapat bervariasi dari sekitar 250 untuk kobalt menjadi sekitar 5000 untuk besi lunak dan 7000 untuk silikon-besi pilihan inti magnetik sehingga dapat memiliki dampak penting pada kekuatan kunci magnetik. Juga berpengaruh jumlah loop dan panjang efektif electromagnet tersebut.
Kunci magnetik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kunci konvensional. Misalnya, daya tahan dan cepat operasinya. selain itu Kunci Magnetik umumnya lebih mudah untuk menginstal daripada kunci lain yang diberikan tidak ada interkoneksi bagian. Untuk tetap terkunci, kunci magnetik membutuhkan sumber daya konstan. Daya yang dibutuhkan pada umunnya berkisar 3 watt, jauh lebih sedikit daripada yang dari bolam lampu konvensional (sekitar 60 watt). Namun sistem ini sangat ketergantungan dengan sumber listrik, jika sumber listrik terganggu otomatis menyebabkan masalah dalam keamanan. Namun hal demikian sebenarnya mungkin lebih baik dalam hal keselamatan.
Kunci magnetik harus dipasang pada sisi dalam pintu. Instalasi yang sederhana seperti instalasi pada header atau frame pintu dan yang terpenting antara Lock dan Braket sejajar semaksimal mungkin. Untuk Elektromagnetic Lock lebih tepat menggunakan braket type L Series, U Series, ZL Series tentu saja di sesuaikan dengan jenis pintu yang di gunakan. Kunci Magnetik ini lebih sesuai digunakan untuk pintu jenis geser atau rolling door karena jika kita gunakan pada pintu berengsel akan berpengaruh pada sistem magnetik. Untuk instalasi kunci ini pun harus exstra detail karena apabila terjadi kesalahan sedikit saja dalam sistem instalasi mekanis akan berakibat fatal dalam pengoperasiannya. Terakhir apapun pilihan sistem keamanan penguncian,  kenyamanan dan keselamatan adalah suatu pertimbangan penting.


Komponen Akses Kontrol Pintu

 

Akses Kontrol Pintu merupakan sebuah sistem yang mempunyai komponen penting dalam menjalankan fungsinya sebagai pengatur akses sebuah pintu. Dalam pembuatan sistem akses kontrol pintu di butuhkan beberapa komponen yang berkerja secara berkesinambungan. Adapun komponen pokok dalam sistem akses kontrol pintu dalam implementasi bermacam-macam sesuai dengan pintunya. Namun secara pokok komponen akses kontrol pintu kita pilah sebagai berikut:
§  Kredential (Credential)
card sidik jari Komponen Akses Kontrol PintuKredensial dalam teknologi akses kontrol adalah obyek fisik atau nyata bersifat individu yang diberikan hak untuk mengakses fasilitas fisik tertentu atau suatu sistem teknologi informasi. Kredensial pada sistem akses kontrol pintu dapat berupa sesuatu yang digunakan sebagai pembuka kunci seperti anak kunci pintu, fob kunci, atau kunci lainnya seperti nomor atau PIN, atau berupakartu teknologi termasuk kode magnetik stripe, bar, barcode, Wiegand, RF ID, smart card, dan kartu contact less smart, atau kunci-FOBS yang lebih compact dari kartu ID dan melampirkan ke gantungan kunci. Dan bisa juga yang melekat pada diri kita atau teknologi biometrik seperti sidik jari, pengenalan wajah, pengenalan iris, retina scan, suara, dan geometri tangan.
Kredensial ini sangat menentukan dalam sebuah sistem akses kontrol pintu. Jika sarat kredensial ini tidak terpenuhi maka sistem akses kontrol sama saja dengan sistem mati atau kunci permanen. Dalam teknologi biometrik sistem ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri selain lebih praktis dan efektif keamanan dari unsur ini juga sangat terjamin.
§  Akses Kontrol (Acces Control)
ft 200 akses kontrol Komponen Akses Kontrol PintuAkses Kontrol adalah sistem yang dirancang untuk memungkinkan wewenang membatasi pengguna untuk mengakses ke wilayah dan sumber daya dalam fasilitas fisik tertentu atau sistem informasi berbasis komputer. Kita dapat temui dalam penerapan Sistem Akses Kontrol dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah kunci pada pintu ruangan, pintu gudang, pintu mobil pada dasarnya merupakan suatu bentuk kontrol akses. Dengan akses kontrol kita dapat membatasi atau mengamankan informasi penting, rahasia, atau sensitif dan peralatan.
§  Kunci Elektrik (Elektric Lock)
Kunci elektric (electric lock) adalah perangkat pengukunci elektrik akses kontrol Komponen Akses Kontrol Pintuncian yang beroperasi dengan menggunakan arus listrik. Lebih sering kunci listrik yang terhubung ke sistem kontrol akses. Keuntungan dari sebuah kunci listrik tersambung ke sistem kontrol akses meliputi: kontrol kunci, mana kunci dapat ditambahkan dan dihapus tanpa re-keying silinder kunci; kontrol akses baik, di mana waktu dan tempat merupakan faktor, dan transaksi logging, di mana aktivitas direkam.
Listrik magnet kunci digunakan, solenoida, atau motor untuk menjalankan mengunci dengan baik memasok atau menghapus kekuasaan. Operasi kunci dapat sederhana seperti menggunakan switch, misalnya sebuah rilis interkom apartemen pintu, atau serumit sistem akses kontrol berbasis biometrik
Dari Komponen diatas,m beberapa komponen dewasa ini di gabungkan menjadi dalam satu unit agar lebih praktis seperti antara akses kontrol dan kunci elektrik yang dulunya terpisah saat ini mulai di jadikan satu dengan kelebihan yang lebih praktis dan efektif. Seperti Produk yang didistribusikan oleh Fingerspot seperti Series FL 500. Paket Kontrol pintu ini memang dikhususkan untuk Akses Kontrol Pintu selain dari sistem akses kontrolnya juga dari bentuk produk yang dilengkapi dengan Handle Pintu dan Kunci Manual sebagai kunci Cadangan.Untuk Lebih lenghkap detailnya silahkan kunjungi Fingerspot Product. Dan dalam waktu dekat kita akan mengupas sistem Akses Kontrol Ini. So, ditunggu saja posting topik-topik selanjutnya. 



Kunci Elektrik Bolt (Electric Bolt Locks)

 

Electric Bolt  mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan Electric Strike perbedaan yang signifikan hanya pada pengunci utama. Electric Bolt merupakan sebuah alat penguncian elektrik dengan bolt sebagai perangkat pengunci utama. Kunci  Electric Bolt  beroperasi dengan mengirimkan arus listrik kepada solenoida untuk melepaskan dan membuka pintu atau sebaliknya tergantung dari arus listrik yang dialirkan.  Sistem kerja Electric Bolt hampir sama dengan Electric Strike perbedaan hanya pada sistem penguncian.electric bolt Kunci Elektrik Bolt (Electric Bolt Locks)

Electric Bolt terbagi menjadi dua jenis kunci menurut konfigurasi:

1. Fail Secure (Normaly Open). Dalam konfigurasi ini, akan terbuka saat kunci dialirkan arus listrik dan akan terkunci apabila tidak ada arus listrik atau terjadi kegagalan power, agar bisa terbuka saat terkunci sistem ini diberikan button relese yang berfungsi untuk membuka kunci.  Contoh jenis kunci ini antara lain Electric Bolt 500B with Narrow Panel, Electric Bolt 700B with Timer dan Electric Bolt 600 with Mort Lock Cylinder
2. Fail Safe (Normaly Close). Dalam konfigurasi ini, beroperasi sama seperti kunci magnetik akan terbuka saat kunci tidak ada aliran arus listrik dan pada saat listrik dialirkan maka akan terkunci. Contoh jenis kunci ini antara lain Electric Bolt 100 dan Electric Bolt 500U for fully frameless glass door(untuk pintu kaca).
Berbeda dengan Electric Strike, sistem konfigurasi penguncian bisa di setting menjadi  2 jenis konfigurasi tergantung dari setingan. Setiap unit series Electric Bolt dikhususkan dalam salah satu konfigurasi normaly open atau normaly close.
Kunci Electric Bolt memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kunci konvensional. Misalnya, daya tahan dan efektivitas operasi, selain itu Elektric Strike lebih mudah untuk menginstal daripada kunci lain yang diberikan tidak ada interkoneksi bagian. Untuk menjalankan kunci ini tidak membutuhkan arus yang besar cukup 450 mA dengan tegangan 12 volt DC.
Kunci Electric Bolt bisa digunakan untuk pintu kayu, pintu kaca dengan less aluminium, pintu kaca full frameless dll.  Kunci Electric Bolt dipasang pada sisi dalam kusen pintu, atau sisi luar pada jenis pintu fully frameless glass. Untuk daun pintu bagian sisi dalam bisa menggunakan hadle pintu biasa. Dalam instalasi meluruskan bolt dengan lubang penguncian sangat penting karena instalasi ini akan berpengaruh pada sistem penguncian. Untuk instalasi kunci untuk pintu kaca frameless dibutuhkan braket sebagai penopang kunci ini. Beberapa braket yang digunakan antara lain, braket ST 600, ST 700.
Sistem penguncian ini bisa di gunakan untuk pintu ruang server, ruang kerja, ruang pribadi, ruang gudang, pintu toko atau market/mall dan masih banyak lagi jenis pintu. Jad apapun jenis pintunya Electric Bolt solusinya.

 




Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)