Manajemen proyek Pengembangan Software dengan ServiceDesk Plus.

Dalam semua hal terkait dengan IT, ada planning, perencanaan, istilah lebih kerennya : Project Management. Demikian juga dalam ITSM tools.

Salah satu produk ITSM yang kami tangani, ServiceDesk Plus menggunakan kemampuan project Management ini dengan membuat detail definisi Project, Milestone dan Task di dalamnya. Semua ini ada di dalam Change Management.

Salah satu proses yang sangat intensif dengan Change Management adalah pembuatan software. Mulai dari assessment, hingga UAT dan Go-Live, semua ini harus tercatat di dalam sistem. Pendekatan yang selama ini dilakukan adalah menggunakan software Project Management, dan harus dibeli terpisah dari sistem helpdesk, padahal, semuanya saling berkaitan. Change Management mengatur bagaimana / metode untuk melakukan deployment yang harus di-approve oleh Manajemen, bagaimana mengimplementasikan dengan resiko minimal dan efeknya, memberikan status baru terhadap CI serta meningkatkan nilai terhadap bisnis (terkait revenue, biaya yang tidak terduga, peningkatan layanan) terkait layanan yang baru dilakukan.

Memang tidak secara spesifik bisa digunakan untuk mengontrol proyek pengembangan software, tapi fitur ini bisa digunakan.


Tinggal menambahkan detail dalam tiap Milestone, Task, Member, bahkan Giant View bisa ditampilkan.


Tinggal kita mendetailkan, dan task nya akan masuk ke masing-masing member terlibat.



Mudah khan?



Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)