Mengembangkan kepribadian pemimpin atau pengurus ?

Benarlah sungguh kepribadian bangsa kita sedang diuji . Terutama dalam beberapa bulan ini . Dengan beragam geliat politik terkait Pilkada di banyak tempat, terutama di Jakarta sebagai ibukota kita.
Siapakah yang sedang kita cari dalam 101 Pilkada saat ini ? Apakah seorang pemimpin , atau seorang pengurus. Pengurus bukan pemimpin, tapi pemimpin pastilah pengurus . Pemimpin berfokus kepada sumber daya manusia untuk perubahan dan pertumbuhan, sedangkan pengurus melakukan tugas rutin yang telah ditentukan. Tapi kenyataannya, hampir semua calon peserta Pilkada bicara soal kepengurusan bukan kepemimpinan . Hal yang sama juga kita temukan dalam banyak perusahaan, baik skala kecil hingga besar.
Index Human Capital Index Indonesia 2016 berada di ranking 72 dari 130 negara (www.weforum.org) jauh kalah dibawah Singapora di ranking 13, bahkan Vietnam di ranking 68. Sungguh berat tantangan pengembangan sumber daya manusia Indonesia saat ini. 
Buku saku tentang H8 yang ditulis oleh Herald Siagian mengulas pendekatan unik untuk mengembangkan dan menerapkan kepemimpinan bagi kita semua, termasuk untuk para calon pemimpin yang akan berlaga di Pilkada. Para manajer muda, staf hingga pengusaha dan pemimpin dalam rentang usia 20-45 tahun sangat disarankan membaca buku ini.
H8 sendiri merupakan Pure Heart, Intellegent Head, Diligent Hands, Higher Performance / profit, Healthy Team, Good Habit, Never Hope-Less, dan Humble Leader. Semua ini dikemas dengan menarik, dengan mengenali dulu generasi yang akan dipimpin. Kemudian memahami tiga peran utama seorang pemimpin. Lalu dijabarkan empat prioritas pemimpin. Buku ini juga menjabarkan lima kualitas utama pemimpin. Tidak ketinggalan enam langkah mencetak pemimpin baru, serta tujuh gaya utama pemimpin, dan akhirnya membahas H8 Leadership Mix.
Semua ini disajikan dengan buku yang mudah dibawa kemana-mana, padat tapi tidak berat, dan saya sangat menyukai paparan ide dan gaya penjelasan lugas yang ditemukan di dalam tiap bab-nya. 
Memang buku ini sangat sarat dengan pengalaman yang penulisnya rasakan, serta berbobot tapi tidak merasakan berat dan memusingkan bagi para pembacanya, dan target terutamanya adalah para pemimpin, marketer yang berada di generasi X dan Y, dimana merupakan segmen usia yang paling banyak memerlukan bimbingan untuk menjadi para pemimpin baru. 
Kontak saya atau WA 0811107367 untuk mendapatkan buku H8 Leadership Development dan menjawab pertanyaan kita tadi, kita perlu mengembangkan kepribadian pemimpin ataukah pengurus ?
*Herald Siagian & Fanky Christian adalah co-founder GODISO

Popular posts from this blog

Dunia Aplikasi OpenSource

Mengenal Fungsi Dan Komponen Panel Listrik

Membangun Ruang Server (1)